Frequently Asked Question


GENERAL

  1. Apa itu e-mas?

    e-mas adalah aplikasi mobile untuk membeli, menjual, dan melakukan transfer emas secara online. Aplikasi e-mas hadir untuk mempermudah Anda dalam bertransaksi emas.

  2. Bagaimana cara membuat akun di e-mas?

    Untuk membuat akun e-mas, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi e-mas melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna Apple. Setelah itu, daftarkan nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel yang masih aktif dan dapat dihubungi, serta alamat e-mail.

  3. Apakah e-mas perusahaan resmi

    Ya. e-mas adalah perusahaan yang telah resmi terdaftar dan memiliki izin perdagangan karena e-mas merupakan aplikasi jual beli emas. e-mas juga merupakan anak perusahaan dari www.orori.com yang telah berdiri sejak tahun 2004.

  4. Apakah e-mas terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

    Saat ini e-mas belum memerlukan izin dari OJK. Hal ini karena e-mas merupakan aplikasu jual beli emas dan tidak menawarkan atau memberikan keuntungan apa pun kepada pengguna setiap kali mereka melakukan transaksi di e-mas. Selain itu, emas pengguna yang tersimpan dalam akun e-mas sifatnya adalah dititipkan. Perihal penitipan ini, e-mas senantiasa mematuhi peraturan yang tertera di KUHP Buku 3 tentang perikatan, pada Bab IX tentang penitipan barang.


VERIFIKASI AKUN

  1. Mengapa saya harus melakukan verifikasi akun?

    Anda harus melakukan proses verifikasi agar dapat menggunakan fitur jual, ambil, dan transfer emas di aplikasi e-mas. Selain itu, proses ini juga kami lakukan untuk menjaga keamanan transaksi Anda di e-mas.

  2. Bagaimana cara melakukan verifikasi akun?

    Untuk melakukan verifikasi akun, Anda harus menggunggah foto diri (selfie/ swafoto) sambil memegang kartu identitas (KTP) dan foto halaman depan buku rekening tabungan yang berisi informasi nama pemilik dan nomor rekening. Anda juga harus memverifikasi email yang digunakan untuk mendaftar di e-mas.

  3. Berapa lama proses verfikasi akun?

    Proses verifikasi akun membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Untuk proses verifikasi yang dilakukan di hari libur, akan diproses di hari kerja terdekat.

  4. Mengapa akun e-mas saya dibekukan?

    Akun e-mas Anda akan dibekukan jika terbukti menggunakan data KTP & rekening bank yang sama dengan akun e-mas lain.

  5. Apakah data ahli waris wajib diisi?

    Data ahli waris tidak wajib diisi dan tanpa diisi pun Anda tetap dapat bertransaksi emas melalui aplikasi. Meski begitu, tetap disarankan untuk melengkapinya.

  6. Bagaimana jika saya tidak memiliki buku tabungan?

    Jika Anda tidak memiliki atau mendapatkan buku tabungan dari bank, Anda bisa menggunakan kartu ATM. Jadi, di bagian Upload Foto Buku Tabungan, Anda dapat mengunggah foto kartu ATM sebagai ganti buku tabungan.

    Khusus untuk tabungan digital yang tidak memiliki buku tabungan, seperti Jenius, Digibank dan lainnya, Anda bisa mengunggah foto screenshot detail akun pada halaman aplikasi tabungan digital yang menunjukkan nama dan nomor rekening sebagai ganti buku tabungan.

  7. Apakah NPWP wajib ditambahkan?

    Tidak. Penambahan NPWP tidak diwajibkan. Jika Anda tidak memiliki NPWP, maka hanya perlu verifikasi KTP saja.

  8. Berapa lama proses verifikasi setelah NPWP ditambahkan?

    Proses verifikasi NPWP akun membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Untuk proses verifikasi yang dilakukan di hari libur maka akan diproses di hari kerja berikutnya.

  9. Bagaimana jika saya tidak memiliki NPWP dan tidak mengunggah NPWP?

    Akun Anda akan tetap terverifikasi, namun harga beli emas akan lebih tinggi karena dikenakan potongan pajak PPh 22 lebih tinggi, yaitu 0.9%.

  10. Saya seorang ibu rumah tangga dan tidak memiliki NPWP. Bisakah saya menggunakan NPWP suami untuk verifikasi di e-mas?

    Dianjurkan membuat akun atas nama suami. Namun, jika sudah terlanjur membuat akun, Anda bisa menggunakan NPWP suami dengan syarat dalam pelaporan SPT suami tercantum Anda dan suami menggunakan satu nomor NPWP. Selain itu, unggah Kartu Keluarga (KK) Anda di bagian Ahli Waris untuk keperluan verifikasi. Pastikan KK yang diunggah merupakan KK terbaru yang mencantumkan nama Anda dan suami.

  11. Bagaimana cara mengunggah NPWP

    Untuk mengunggah NPWP, silahkan buka aplikasi e-mas Anda. Lalu pilih kategori "Profil" di bagian kanan bawah. Selanjutnya, pilih "Kartu Identitas &NPWP". Masukkan nomor NPWP dan unggah foto NPWP Anda. Tim e-mas akan memverifikasi data tersebut.

  12. Apakah verifikasi NPWP mempengaruhi harga emas?

    Ya. Jika NPWP Anda telah diverifikasi, maka Anda bisa menikmati harga beli emas yang lebih rendah dengan potongan pajak PPh 22 lebih rendah, yaitu 0.45%.

  13. Apakah status verifikasi saya berubah jika belum upload NPWP?

    Tidak ada perubahan status verifikasi akun jika Anda belum upload NPWP

  14. Akun saya sudah terverifikasi. Mengapa status saya berubah menjadi belum terverifikasi lagi?

    Hal tersebut bisa dikarenakan Anda belum verifikasi email yang digunakan untuk mendaftar di e-mas.

  15. Apakah wajib untuk verifikasi email?

    Wajib. Anda harus melakukan proses verifikasi email agar dapat menggunakan fitur jual, ambil, dan transfer emas di aplikasi e-mas.

  16. Bagaimana cara verifikasi email?

    Untuk verifikasi email, pilih Profil lalu Ubah Profil. Klik button Verifikasi yang ada di samping alamat email Anda. Link verifikasi akan dikirim ke email Anda. Klik link verifikasi yang ada di dalam email dan silakan tunggu beberapa menit untuk melihat status Anda kembali menjadi terverifikasi.


BELI EMAS

  1. Bagaimana cara membeli emas di e-mas?

    Untuk membeli emas di e-mas, Anda harus masuk ke akun e-mas Anda. Lalu pilih kategori “Beli Emas”. Selanjutnya, masukkan jumlah emas yang ingin Anda beli. Jika Anda memiliki budget tertentu untuk membeli emas, Anda dapat memasukkan jumlah budget yang Anda miliki. Selanjutnya, kami akan menampilkan jumlah emas yang Anda dapatkan berdasarkan budget yang Anda miliki.

  2. Apakah emas yang sudah saya beli akan langsung dikirimkan ke alamat rumah saya?

    Tidak. Emas yang sudah dibeli akan dititipkan kepada PT Aurum Karya Indonesia dan tercatat dalam akun e-mas Anda. Anda dapat melakukan pengambilan atau penarikan emas jika jumlah emas Anda sudah mencapai satuan emas (dalam gram) yang tersedia di pasaran, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di e-mas.

  3. Apa itu Top Up Instan?

    Top up instan merupakan fitur untuk melakukan pembelian emas di e-mas dengan cepat dan praktis. Tanpa perlu melakukan proses pembelian di aplikasi e-mas, Anda bisa langsung menransfer sejumlah dana ke rekening e-mas dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor virtual account Anda. Selanjutnya, dana yang Anda transfer akan kami konversi menjadi emas (satuan gram). Setelah melakukan top up instan, jumlah emas di akun e-mas Anda akan bertambah dalam beberapa menit.

  4. Berapa jumlah minimum pembelian emas di e-mas?

    Jumlah minimum untuk pembelian emas adalah 0,02 gram. Jika dikonversikan dalam rupiah, maka harga minimumnya mengikuti harga emas dunia di hari Anda melakukan pembelian.

  5. Adakah jumlah maksimum pembelian emas di e-mas?

    Tidak. Anda bisa membeli emas dalam jumlah berapa pun.

  6. Jika saya ingin membeli emas secara bertahap hingga mencapai jumlah emas yang saya inginkan, apakah saya harus melakukan pembelian selanjutnya dalam periode tertentu?

    Tidak. Anda dapat melakukan pembelian emas selanjutnya kapan saja.

  7. Mengapa harga emas tidak berubah di akhir pekan?

    Hal ini karena pasar emas dunia tutup di hari Sabtu dan Minggu. Karena aplikasi e-mas mengikuti harga emas dunia, maka saat pasar emas dunia tutup di akhir pekan, pergerakan harga di aplikasi e-mas juga tidak berubah.

  8. Apakah ada perbedaan harga beli emas bagi yang mengunggah NPWP?

    Ya. Harga pembelian emas di e-mas sudah termasuk PPh 22 yang nilainya bervariasi berdasarkan kepemilikan NPWP. Jika data NPWP pengguna sudah diverifikasi, maka harga pembelian akan dipotong pajak lebih rendah sebesar 0.45%. Sedangkan bagi yang tidak mengunggah atau tidak memiliki NPWP, besarnya potongan pajak menjadi 0.90%.


AMBIL EMAS

  1. Kapan saya dapat mengambil atau menarik emas saya?

    Anda dapat mengambil emas jika jumlah emas yang Anda miliki sudah mencapai satuan emas (dalam gram) yang tersedia di pasaran, misalnya 1 gram, 2 gram, dst. Untuk penarikan emas pertama kali,jumlah emas yang Anda beli harus sudah mencapai 1 gram. Untuk penarikan emas kedua dan selanjutnya, tidak ada batasan jumlah saldo minimum yang harus Anda miliki.

  2. Bagaimana cara mengambil emas saya?

    Untuk mengambil emas, Anda harus masuk ke akun e-mas Anda. Pilih kategori “AMBIL EMAS”, lalu masukkan PIN Anda. Setelah itu, masukkan jumlah emas yang ingin Anda ambil. Pastikan Anda telah melengkapi nama dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mengunggah foto KTP Anda.

  3. Apakah saya boleh mengirim emas dengan alamat pengiriman yang berbeda dengan alamat yang tertera di KTP?

    Ya. Anda dapat memasukkan maksimal 2 (dua) alamat berbeda di profil e-mas Anda.

  4. Apakah saya harus mengambil seluruh emas yang saya miliki sekaligus?

    Tidak. Anda dapat mengambil emas dalam jumlah berapapun. Misalnya, Anda memiliki 10 gram emas, Anda dapat mengambil 5 gram saja. Sisa emas yang Anda miliki akan tetap tercatat di akun e-mas Anda.

  5. Apakah ada biaya tambahan untuk mengambil emas saya?

    Ya. Anda akan dikenakan biaya sertifikat emas saat melakukan pengambilan atau penarikan emas. Biaya admin akan dikenakan untuk setiap keping emas yang Anda ambil.


JUAL EMAS

  1. Kapan saya bisa menjual emas saya?

    Untuk penjualan pertama kali, jumlah emas yang Anda beli harus sudah mencapai 1 gram. Untuk penjualan emas kedua dan selanjutnya, tidak ada batasan jumlah saldo minimum yang harus Anda miliki.

  2. Bagaimana cara menjual emas di e-mas?

    Untuk menjual emas di e-mas, Anda harus masuk ke akun e-mas Anda. Lalu pilih kategori "Jual Emas". Setelah itu, masukkan jumlah gram emas yang ingin Anda jual. Pastikan Anda telah melengkapi nomor rekening bank karena hasil penjualan akan ditransfer ke rekening bank yang Anda daftarkan

  3. Apakah ada nilai minimal dan maksimal transaksi penjualan emas?

    Ada. Minimal nilai transaksi penjualan emas adalah Rp10.000-an atau 0,02 gram dan maksimal penjualan emas per transaksi adalah Rp100.000.000,-. Jika ingin menjual emas di atas nominal tersebut, silakan lakukan dua atau lebih transaksi penjualan emas.


TRANSFER EMAS

  1. Kapan saya bisa melakukan transfer emas?

    Untuk transfer emas pertama kali, jumlah emas yang Anda beli harus sudah mencapai 1 gram. Untuk transfer emas kedua dan selanjutnya, tidak ada batasan jumlah saldo minimum yang harus Anda miliki.

  2. Bagaimana cara melakukan transfer emas?

    Untuk melakukan transfer emas di e-mas, Anda harus masuk ke akun e-mas Anda. Lalu pilih kategori “Transfer Emas”. Setelah itu, masukkan jumlah gram emas yang ingin Anda transfer dan nomor ponsel penerima transfer. Fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna e-mas yang telah melakukan verifikasi kartu identitas.

  3. Apakah transfer emas bisa dilakukan ke siapa saja?

    Ya. Transfer emas dapat dilakukan ke siapa saja, selama orang tersebut juga merupakan pengguna atau pemilik akun e-mas.


KODE REFERRAL

  1. Apa itu kode referral?

    Kode referral adalah sejumlah nomor unik yang dapat Anda bagikan ke teman Anda untuk mendapatkan emas gratis dari e-mas.

  2. Bagaimana mekanisme untuk mendapatkan emas gratis?

    Cara untuk mendapatkan emas gratis adalah dengan mengajak teman Anda menggunakan aplikasi e-mas, lalu mendaftarkan diri mereka dengan memasukkan kode referral milik Anda. Dengan menggunakan kode referral Anda, teman Anda akan mendapat 0,05 gram emas senilai ± Rp25.000 setelah mendaftar. Sementara itu, Anda akan mendapat emas gratis total 0,06 gram atau senilai ± Rp30.000,- ketika teman Anda melakukan pembelian emas, dengan rincian 0,01 gram pada transaksi pertama, 0,02 gram pada transaksi kedua, dan 0,03 gram pada transaksi ketiga selama promo berlangsung.

  3. Apa saya langsung mendapat emas gratis saat orang lain menggunakan kode referral saya?

    Tidak. Bonus emas akan Anda dapat saat teman Anda telah melakukan transaksi pembelian pertamanya di e-mas.

  4. Apakah program referral ini memiliki masa berlaku?

    Ya. Program referral ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2018.


HUBUNGI e-mas

Bagaimana saya menghubungi e-mas?

Anda bisa hubungi kami melalui email ke info@e-mas.com, atau telepon di (021) 3500452.